+6281 1127 8182

Bisnis makanan bayi dan balita saat ini menunjukkan prospek yang menjanjikan. Terutama karena kebutuhan terhadap makanan anak yang praktis dan sehat semakin tinggi.  

Tak hanya itu, kesadaran yang semakin tinggi tentang pentingnya gizi dan kesehatan anak-anak turut menjadikan segmen bisnis ini semakin berkembang. Bila ingin memanfaatkan peluang ini, simak ulasan berikut. 

Baca juga: 7 Ide Bisnis Food Truck, Cepat Balik Modal! 

Melihat Prospek Bisnis Makanan Bayi dan Balita

bisnis makanan bayi

Bisnis makanan bayi dan balita kini kian menjamur, baik melalui penjualan online di marketplace maupun offiline. Bentuk dan model bisnisnya juga beragam. Tentu ada alasan mengapa bidang usaha ini makin banyak dilirik.  

Beberapa faktor penyebab berkembangnya usaha makanan bayi dan balita antara lain karena dipicu hal berikut.

1. Meningkatnya Kesadaran akan Kesehatan

Orang tua makin menyadari pentingnya memberikan makanan yang sehat dan bergizi kepada anak-anak mereka untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Ini mendorong mereka untuk mencari produk makanan bayi dan balita yang terbuat dari bahan-bahan alami dan berkualitas.

2. Perubahan Gaya Hidup

Saat ini, semakin banyak ibu yang juga berkarir dan memiliki waktu terbatas untuk menyiapkan makanan anak. Gaya hidup yang sibuk ini membuat mereka membutuhkan solusi praktis dan efisien. Makanan bayi dan balita siap saji pun menjadi opsi yang diminati, membuat segmen bisnis ini semakin berkembang.

3. Kemudahan Akses Informasi

Akses mudah terhadap informasi melalui internet memungkinkan orang tua untuk mendapatkan pengetahuan tentang gizi anak-anak dan pilihan makanan yang tepat. Ini membuat mereka lebih cerdas dan kritis dalam memilih produk makanan bayi dan balita yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak mereka.

4. Peningkatan Pendapatan

Faktor lain yang mendukung pertumbuhan usaha makanan bayi dan balita adalah peningkatan pendapatan. Hal ini secara tak langsung meningkatkan daya beli orang tua terhadap produk konsumsi bayi. Orang tua tak lagi ragu merogoh kocek lebih dalam untuk memberikan nutrisi terbaik bagi buah hati. 

Baca juga: Ide Usaha Bulan Puasa, Modal Tipis Hasilkan Cuan! 

Ide Bisnis Makanan Bayi dan Balita

bisnis makanan bayi dan balita

Produk makanan bayi dan balita cukup bervariasi, ini membuat Anda memiliki banyak opsi dalam menentukan jenis usaha yang ingin dijalankan. Sebagai inspirasi, berikut beberapa ide bisnis makanan bayi dan balita yang potensial.

1. Bisnis Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Bisnis makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan salah satu segmen yang berkembang pesat dalam industri makanan bayi dan balita. Ini karena para orangtua semakin sadar pentingnya MPASI dalam mendukung tumbuh kembang anak. 

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda membutuhkan Slow Cooker atau Food Processor untuk mengolah bahan bergizi menjadi puree atau bubur bayi tinggi nutrisi. Anda bisa menjualnya dalam bentuk siap saji atau katering secara harian.

2. Produk Makanan Bayi Organik

Makanan organik tidak hanya menjadi trend makanan orang dewasa saja. Saat ini, minat terhadap makanan bayi organik juga tak kalah besar. Anda bisa menyediakan berbagai produk organik anak-anak dan bayi, mulai dari bubur bayi hingga camilan pendamping.  

Hal penting yang patut Anda perhatikan bila menjalankan usaha ini yaitu memastikan kualitas supplier bahan baku. Dengan demikian, Anda bisa menjamin kualitas produk  sesuai klaim.

3. Snack Sehat untuk Bayi dan Balita

Membuat camilan sehat yang disukai bayi dan balita jadi hal yang menantang. Ini menyebabkan banyak orang tua lebih memilih untuk membeli produk jadi dibanding membuatnya sendiri.  

Anda bisa memanfaatkan celah bisnis ini dengan menawarkan snack sehat seperti keripik sayuran tanpa minyak, biskuit bayi tinggi protein, atau camilan buah kering yang cocok dikonsumsi bayi dan balita.

4. Franchise Bubur Bayi

bisnis makanan bayi dan balita

Saat ini, bisnis franchise bubur bayi juga semakin berkembang pesat. Usaha franchise ini membutuhkan modal yang lebih kecil dan belum banyak pesaingnya. Target marketnya juga jelas, yaitu ibu-ibu yang memerlukan asupan bergizi praktis untuk anak.

Kelebihan lainnya dari usaha ini adalah kamu tidak perlu terlalu repot membangun branding usaha dari awal. Selain itu, paket usaha yang lengkap juga membantumu lebih mudah dalam memulai usaha.

×